Kamis, 16 Desember 2010

kuliner khas kota karawang

Opak Ketan Rawagede
Opak ketan Rawagede bentuknya kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan Opak Ketan buatan Cibuaya yang besar-besar. Jadi hanya 2 kali gigit langsung habis. Kelebihannya adalah pada rasanya yang renyah dan gurih

Ikan Gabus Bumbu Pucung
Desa Panyingkiran Rawamerta terdampar di sebuah warung kecil dipinggiran irigasi, tepatnya di Pertigaan Panyingkiran-Rengasdengklok-Lemahabang Wadas. Menu khas kali ini adalah Sayur Ikan Gabus Bumbu Pucung. Menu khas yang mengandung protein tinggi ini sebenarnya masakan khas Betawi yang disebut “Gabus Pucung” yaitu Ikan Gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak (mirip dengan masakan Rawon).
Kue Gonjing, Lezat dan Murah Meriah
Gonjing merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Lezat dimakan selagi hangat dengan ditaburi gula putih atau enak juga dengan saos. Yang pasti jajanan khas nusantara ini dari segi rasa tidak kalah dengan jajanan modern seperti donat. Bahan alami yang dipakai tanpa bahan pengawet membuat kesehatannya terjaga. Makanan ini, di Karawang disebut Gonjing, Kue Pancong di Jakarta dan di Medan, sedangkan di Bandung dikenal dengan nama Bandros. Biasanya Gonjing dijual secara berkeliling.
Pecel Lele Modern di Karawang
ada satu jenis pecel lele yang berbeda. Pecel Lele Lela namanya. Apakah ada yang pernah mencobanya? Atau minimal mendengarnya? Pecel lele ini dibawa ke dalam konsep restoran atau kafe.

Sorabi Hijau Khas Rengasdengklok
Dengan bahan pendukungnya berupa Daun Suji, sorabi ini telah terkenal sebagai makanan khas dari Rengasdengklok Karawang
Kolak dan Sekoteng Khas Ramadhan
Kolak atau Kolek dan Sekoteng adalah makanan yang identik dengan bulan puasa atau ramadhan. Begitupun di Karawang, kolak terutama kolak pisang dan sekoteng dengan mudah dapat dijumpai di berbagai pelosok baik yang dijajakan diwarung-warung maupun yang dijual keliling. Terutama menjelang buka puasa, warga biasanya sudah mendapatkan jatah kolak atau sekotengnya setelah menebusnya dengan harga yang relatif tidak mahal. Bahkan banyak juga yang membuatnya sendiri.

Rujak Huni yang Cihahhh…
Huni atau Buni yang bahasa latinnya disebut Antidesma Bunius (L) Spreng adalah buah yang dapat dimakan langsung atau yang paling enak adalah dirujak. Di Karawang sendiri Pohon Huni sudah jarang ditemukan, kalaupun ada itu pun terletak dikampung atau kebun warga. Maka, ketika pohon ini berbuah maka sangat disayangkan kalau tidak menyantapnya sebagai rujak.
Sensasi Berbeda Dari Nasi Merah
Nasi merah merupakan salah satu kuliner tradisional yang sehat nan lezat. Nasi merah ini dibuat dari beras merah yang ditanak. Mengenai rasanya, nasi merah ini tidak hanya berbeda warnanya dengan nasi putih, namun juga berbeda tentunya dari rasa dan aromanya




0 komentar:

Posting Komentar